Jumat, 12 Desember 2008

KAPITA_SELEKTA

KAPITA SELEKTA

KOMUNIKASI

Pendekatan budaya dan agama

A. Perkembangan mutakir ilmu komunikasi

Term komunikasi saat ini menjadi tren pada kalangan kita, pada dasarnya ini merupakan salah satu perkembangan yang mampu mempengaruhi sikap dan prilaku manusia yang di karenakan oleh perkembangan komunikasi.oleh karena itu makna komunikasi sangat luas dan beragam. Komunikasi dapat di sampaikan dengan pesan verbal atau pun non verbal.

a. Redefinisi Komunikasi

Secara etimologi, komunikasi berasal dari bahasa latin communico yang artinya membagi, membagi disini adalah membagi gagasan, ide atau pikiran antarase seorag dan orang lain.

Secara terminologi, para ahli berusaha mendefinisikan dari berbagai perspektif. Dari filsafat komunikasi di maknai untuk mempersoalkan apakah hakikat komunikator dan bagaimana ia menggunakan komunikasi untuk berhubungan dengan realitas lain di alam semesta. Dari perspekif psikologi mendefinisikan komunikasi sebagai, proses di mana seorang komunikator menyampaikan stimulus untuk mengubah tingkah laku orang lain. Kemudian dari prespektif sosiologi, mendefinisikan komunikasi sebagai usaha untuk membuat satuan sosial dari individu dengan menggunakan bahasa atau tanda.

Efek komunikasi adalah pengaruh yang terjadi kepada diri komunikasi, devo mengatakan pada setiap komunikasi selalu ada konsekuensi. Sebagai contoh

Pertama, anda mungkin memperoleh pengetahuan atau belajar bagaimana menganalisis, melakukan sintesis, atau mengevaluasi sesuatu. Ini adalah efek atau dampak intelektual atau kognitif.

Kedua, anda mungkn memperoleh sikap baru atau mengubah sikap, keyakinan, emosi, dan perasaan. Ini adalah dampak efektif.

Ketiga, anda mungkin memperoleh cara-cara atau gerakan baru seperti cara mendapatkan bola atau melukis, selain prilku verbal dan non verbal yang baik.ini adalh dampak efek psikomotorik.

B. LINGKUNGAN ILMU KOMUNIKASI MUTAKHI

Perkembangan komunikasi mutakhir mempengarhi seluruh tehnologi komunikasi dan, tranmisi komunikasi yang di karenkannya perkembangan jaman yang hari ini menjadi sebuah tren bagi khalayak pada khususnya. Di samping itu lingkup komunikasi mengalami prubahan yang signifikan.

C. MENELUSURI LANDASAN ILMIAH KOMUNIKASI

Menelusuri landasan ilmiah komunikasi tidaklah mudah, namun membutuhkan kecerdasan dalam prosespemikirannya. Artinya mampu berfikir cepat dlam sebuah agenda yang taktis.

Dua paradigma ilmiah yang memiliki pemahaman berbeda tentang landasan ilmiah komunikasi:

1. Paradigma klasik

-Filsafat sebagai akar ilmu pengetahuan.

-psikolgi sebagai akar ilmu komnikasi

-sosiologi sebagai akar ilmu komunikasi

-antropologi sebagai akar komunikasi

2. paradigma kontemporer

-matematika sebagai akar ilmu komunikasi

-fisika sebagai akar ilmu komunikasi

-biologi sebagai akar ilmu komunikasi

D. KAJIAN KOMUNIKASI KONTEMPORER

Disini di jelaskan bawasannya ilmu itu selalu berkembang, apa yang kita rasakan saat ini adalah perkembangan dari ilmu yang mempengaruhi berbegai aspek-aspek kehidupan. Nina syam telah mempelopori tiga kajian besar tentang komunikasi kontemprer, 1. komunikasi transendental, 2. komunikasi spiritual, 3. komunikasi antar peradaban. Sedangkan dedy mulyana lebih terfokus pada kajan-kajian 1. komunikasi lintas budaya, 2. komunikasi pendidikan, 3. komunikasi kesehatan, 4. komunikasi sosial.

Namun kita cenderung memandang dunia barat yang hai ini telh terfokus terhadap perkembangan tehnologi khususnya komunikasi yang di anggap paling penting di dalam kehidupan. Apa yang kita pahami dan kita rasakan sekarang ini adalah sebagian besar hasil dari dunia barat yang lebih canggih dan lebih mutakhir.

ISU-ISU KONTEMPORER

KOMUNIKASI

A. DETERMINISME TEKNOLOGI KOMUNIKASI

Disini di jelaskan tentang sejarah sebah desa sebelum tahun 80an yang di anggap sebagai kota santri yang berubah menjadi sebuah desa yang di anggap tak bermoral yang di karenakaanya perkembangan komunikasi yang mampu mempengaruhi psikologi manusia. Ketika televisi hitam putih terlahir pada awlnya setiap sore banyak anak-anak yang pergi ke masjid, lambat laun berkurang. Mereka lebih asik nongkrong di depan tv atau mendengarkan musik. Begitupula anak-anak muda dan orang tua mampu terpengaruh sebuah sikap dan prilku yang seharusnya tidak di lakukn pada ruang lingkup desa. Ini menjelaskan bahwa perkembangan komunikasi sangat cepat dalam mempengaruhi khalayaknya dengan tawaran yang memuaskan.

Pada satu sisi kemajuan teknologi komunikasi memudahkan masyarakat dalam beraktifitas, namun di sisi lain mampu mengubah masyarakat pada jalan kemalasan atau menjadi malas dan mejadi perubahan sikap yang seharusnya tidak di lakukan pada lingkungan yang beretika. Secara tidak sadar ini mampu mempengaruhi para penerus bangsa ketika mereka beranggapan bahwa kemajuan teknologi di gunakan sebagai pelampiasan.

Karan di sini di jelaskan bahwa kemajuan teknologi mampu mempengarusi selruh aspek dalam kehisupan.

B. TEKNOLOGI KOMUNIKASI

Bila kita amati tegnologi komunikasi berhubungan erat dengan informasi yang menjadikan alat dalam pempublicasian. Sesungguhnay tegnologi komunikasi adalah peralatan perangkat keras dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial, yang mengakibatkan setiap individu mengumpulkan dan saling menukar informasi. Ini menyiratkan bahwa:

a. Teknologi komunikasi adalah alat

b. Teknologi komunikasi di lahirkan oleh sebuah struktur ekonomi, sosial, dan politik.

c. Teknologi komunikasi membawa nilai-nilai yang berasal dari struktur ekonomi, sisoal dan politik.

d. Teknologi komunikasi meningkatkan kemampuan indera manusia, terutama kemampuan mendengar dan melihat.

1. Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi

ketika saya amati ini teragi menjadi empat era, era komunikasi tulisan 4000 sm hingga sekarang, era komunikasi cetak 1456 hingga sekarang, era telekomunikasi 1844 hingga sekarang, dan era komunikasi interaktif 1946 hingga sekarang.

2. Bahasa Teknologi Komunikasi Dan Informasi

Pers merupakan salah satu bentuk media yang hari ini di akui eksistensinya oleh khaayak bawasannya pers yang mampu membuat media menjadi produktif dengan inforlasi yang di berikan lebih efektif. Ini tidak akan jauh dengan jurnalisti yang menjadi dasar dalam pers, bahwa penjelasan tentang penulisan pembuatan, dan menggambarkan bagaimana tentang menampilkan berita.

C. TUGAS MULIA PENUH RESIKO SEORANG JURNALIS

Propesi seorang wartawan adalah propesi tang amat mulia, orang yang ingin masuk menjadi slah satu wartawan maka ia harus memiliki banyak pengetahuan dan idealisme dan memahami apa arti kejujran yang menjadi dasar dalam perjalanan sesorang wartawan. Perlu saya kemukakan bawasannya wartawan adalah orang-orang yang militan, demi mendapatkan informasi mereka akan melakukan apa saja hingga banyak nyawa yang melayang ketika mereka sedang menjalankan tugas, ini di dasari atas kesadaran mereka ketika memkanai sebuah kerja atau kejujran.

D. POLITIK MEDIA DALAM RUU APP

Isu tentang RUU antipornografi dan porno aksi telah menari perhatian seluruh kalangan, bawasannya ketika banyak khalayak yang merespon tanggapan ini maka media berhasil dalam mendapatkan respon dari khalayak. Ketika kita amati yang mampu mempengaruhi kebijakan pemerintahan adalah media. Karena media yang mampu mempengaruhi khalayak dalam mendapatkan keberhasilan politik .

1. Melindungi Bangsa Dari Dekadensi Moraler

niat awal munculnya RUU APP adalah untuk melindungi segenap bangsa yang mayoritas hari ini telah berada di titik kritis dalam tingkatan moral. Penyebab terbesar rusaknya moralitas bangsa saat ini di pengarhi oleh tayangan-tayangan yang di anggap mampu menghancurkan moral manusia, contohnya gambar-gambar porno dan tayangan-tayangan film porno yang hari ini menjadi tren para kaula muda hingga anak-anak di bawah umur. Peneliti menyimpulkan hasil penelitian 98% anak yang mengkonsumsi film-film terlarang tersebut.

Mengamati oristiwa tersebut menunjukan bahwa sisi negatif dari tayangan pornografi memiliki pengaruh besar terhadap masa depan bangsa yang hari ini di tutupi oleh kemaksiatan. Apabila RUU APP ini telah di sahkan, paling tidak terdapat lima keuntungan bagi bangsa kita kedepan.

Pertama, gambar-gambar, brita-brita, dan tayangan-tayangan yang selama ini banyak di tontonkan melalui berbagai media, dengan sendirinya akan membatasi dirinya sesuai dengan ketentuan UU APP.

Kedua, kasus-kasus amoral, seperti pemerkosaan, sodomi, homoseksual, lesbian, perselingkuan, dan pemrbuatan zina dapat di tekan.

Ketiga, kasus-kasus aborsi dan bunuh diri yang di sebabkan karena hamil di luar nikah.

Keempat, para pemilik modal akan mengubah obsesi dengan memproduksi karya seni yang lebih menghibur dan edukatif.

Kelima, moralitas bangsa kedepan relatif lebih baik.

2. Nuansa Kepentingan: Menghambat RUU APP

Ketika RUU APP sedang di bahas di DPR, muncul berbagai tudingan yang mengarah pada pendukung RUU APP. Sebenarnya ini merupakan sebuah perdagangan yang di anggap sebagai lahan besar dalam penghasilan. Bila di asumsikan melalui foting yang mengacu pada pendukung RUU APP lebih banyak dari pada yang menolak RUU APP/ sebenarnya kelompok yang menolak RUU APP kebanyakan adalah orang-orang media, karena di anggap ketika RUU APP di jalankan maka akan menghambat jalannya perdaganan mereka walau yang di perdagangkan adalah barang haram dan mampu menghancurkan masa depan bangsa.

E. MEDIA EVENT DALAM ISU-ISU KONTEMPORER

Media even merupakan agenda besar yang di anggap penting bagi khalayak pada umumnya, apa yang kita tau tentang kejadian-kejadian di indosesia tentang tsunami, pembunuhan alda, dan pristiwa-pristiwa yang di anggap besar merupakan media even yang selalu di tayangkan di layar televisi anda.

ETIKA KOMUNIKASI

PRESPEKTIF ISLAM

Berbicara mengenai komunikasi insani berarti berbicara tentang nilai-nilai atau etika yang di anut seseorang atau komunitas tertentu karena stiap pribadi komunikasi memiliki nilai yangg di yakininya sendiri. Namun yang menjadi perbincangan adalah, mengapa harus ada etika komunikasi, seberapa penting etika komunikasi. Persoalan etika yang potensial selalu melekat dalam setiap bentuk komunikasi antariksan sehingga komunikasi dinilai sangat berpengaruh terhadapmanusia lain sehingga cara-cara berkomunikasi secara sadar memilih cara-cara berkomunikasi guna mencapai tujuan yang di inginkan.

Pentingnya etika komunikasi agar komunikasi yang kita lakukan mampu sistematis dan teratur dengan konsep-konsep yang di berikan. Dalam saat-saat yang terdesak, secara tidak sadar kita mampu mengeluarkan komunikasi kita secara sistematis yang di karenakan oleh karakteristik kita yang telah tergabung dalam etika komunikasi, ketika kita memahami etika komunikasi secara tidak sadar perubahan sikap terhadap diri kita akan terasa jelas.

A. ETIKA KOMUNIKASI ANTARPERSONA

Komunikasi antarpersona merupakan komunikasi antar manusi secar tatap muka. Yang terfokus dalam situasi informal yang terfokus dalam pertukarn, entah dengan bahasa verbal atau non verbal yang saling berbalasan. Ketika kita ingin membahas tema ini dapat di jelaskan sebagai berikut:

1. dalam berkomunikasi hendaklah jujur dan berterus terang dengan keyakinan dan prasaan pribadi yang sama-sama dimiliki.

2. dalam setiap kelompok dan budaya dimana saling ketergantungan di nilai lebih baik dari pada individualitis

3. informasi di sampaikan dengan tepat

4. kecurangan yang di sengaja pada umumnya tidak etis

5. petunjuk verbal dan non verbal

6. biasanya tidak etis bila menghalangi proses komunikasi

B. ETIKA KOMUNIKASI ANTARBUDAYA

Komunikasi antarbudaya adalah sumber dan penerimanya berasal dari budaya yang berbeda-beda artinya, komunikasi antarbudaya terjadi bila pemberian pesan adalah anggota suatu budaya lainnya.K.S Sitraram dan Roy Cogdeell menyajikan standar etika komunikasi antar budaya sebagai berikut:

  1. memperlakukan budaya khalayak dengan menghormatkan yang sama di berikan terhadap budaya sendiri.
  2. memahami landasan budaya dan nilai-nilai orang lain
  3. memahami landasan budaya dan nilai-nilai orang lain.
  4. tidak pernah menganggap lebih tinggi standar standar etika yang di yakininyadi bandingkan dengan etika orang lain.
  5. menghargai cara berpakaian orang-orang dari budaya lain.
  6. jangan memandang rendah orang lain karena ia berbicara dengan akses yang berbeda dari akses seseorang.
  7. tidak memandang rendah orang lain karena itu berbicara dengan akses yang berbeda dari akses seseorang.
  8. tidak memaksakan nilai yang di yakini kepada orang lain yang berbeda budaya
  9. berhati-hati dengan simbol non verbal yang di gunakan pada budaya lain
  10. tidak berbicara dengan bahasa yang sama dengan orang dan budaya yang sama di hadapan orang yang tidak mengerti bahasa tersebut.

C. ETIKA KOMUNIKASI MASSA

Definisi komunikasi massa yang paling mudah di pahami adalah pesan yang di komunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang. Paling tidak ada beberapa rumusan sementara yang di rangkum dari beberapa pendapat pakar komunikasi mengenai etika dalam komunikasi massa adalah:

  1. berkaitan dengan informasi yang benar dan jujur sesuai fakta sesungguhnya
  2. berlaku adil dalam menyajikan informasi, tidak memihak salah satu golongan
  3. gunakan bahasa yang bijak, sopan dan hindari kata-kata provokasi
  4. hindari gambar-gambar yang seronok

E. ETIKA KOMUNIKASI DALAM PRESPEKTIF ISLAM

Dalam prespekti islam, komunikasi merupakan bagian yang tak dapat di pisahkan dalam kehidupan manusia karena segala gerak langkah kita selalu di sertai dengan komunikasi. Komunikasi yang di maksud adalah komunikasi yang islami, yaitu komunikasi yang berakhlak al-kharimah dan beretika. Komunikasi yang berakhlak al-kharimah adalah komunikasi yang bersumber pada al-qur’an dan hadis. Menurut tokoh komunikasi islami muiz berangapan bahwa komunikasi islami memilii perbedaan dengan non-islam, khususnya dalam hal teks yang mengasumsikan tentang inti.

Dalam hadis nabi juga, di temukan prinsip-prinsip etika komunikasi, bagaimana Rosulullah mengajarkan berkomunikasi kepada kita:

  1. katakanlah apa yang benar walaupun pahit rasanya
  2. katakanlah bila benar kalau tidak bisa di amalah
  3. jangan berbicara sebelum berfikir terlebih dahulu
  4. berbicara yang baik-baik saja
  5. sesungguhnya Allah tidak suka dengan orang yang suka menjungkir balikkan fakta

prinsip-prinsip tersebut dapat di jadikan landasan bagi setiap muslim pada umumnyaketika melakukan proses komunikasi baik dalam pergaulan sehari-hari maupun aktivitas yang lain

PRINSIP-PRINSIP KOMUNIKASI

MENURUT AL-QUR’AN

Direduksi dari jalaludin rakhmad

Al-quran menyebut komunikasi sebagai fitrah manusia. Untuk mengetahui bagaimana manusia seharusnya berkomunikasi, al-quran memberikan beberapa kata kunci yang berhubungan.

A. PRINSIP QAULAN SADIDAH

Kata kaulan sadidah di sebut dua kali dalam al-quran.

Pertama, Allah menyuruh manusia menyampaikan qulan sadidah dalam urusan anak yatim dan turunan,dan hendaklah orang-orang takut kalau di belakang hari mereka meninggalkan keturunan yang lemah yang mereka kwatirkan. Hendaklah mereka bertaaqwa kepada Allah dan berkata dengan qaulan sadidah.

Kedua, allah memerintahkan qaulan sadidah sebagai taqwa

Qaulan sadidah berarti pembicaraan yang benar dan jujur. Lurus tidak bohong dan tidak berbelit-belit. Prinsip pertama menurut al-quran adalah berkata benar.

  1. tidak bohong

arti dari qaulan sadidah adalah tidak bohong. Karena Nabi bersabda jauhilah dusta, karena dusta membawa kamu pada dosa, dan dosa membawa kamu pada neraka.

  1. Bahaya bohong

Dalam sejarah orang islam pernah di rugikan karena berita-ntberita dusta, karena Nabi bersabda mengutip dari al-quran bawasannya orang beriman enggan berdusta.

B. PRINSIP QAULAN BALIGHAN

berkatalah pada mereka tentang diri mereka dengan qaulan baliqan. Kata baliqan berarti fasih, jelas maknanya tepat pengungkapan katanya. Oleh karena itu qaulan baligah dapat di maknai sebagai komunikasi efektif.

Berikut ini perincian al-quran tentang qaulan baligah:

  1. qaulan baligah terjadi jika komunikastor menyesuaikan pembicaraannya dengan sifat-sifat komunikasi
  2. qaulan baligah terjadi bila komunikator menyentuh komunikan pada hati dan otaknya sekaligus.
  1. ethos; kredibilitas komunikator

urutan etos Tuhan itu dapat dapat di rangkaikan seperti kemahamuliannya dapat di lihat dapat di lihat dari limpahan anugrah-Nya kepadamu. Ia menciptakan lalu memeliharanya dengan penuh kasih, ia menjadikan bumi, langit dan isinya sebagai kebahagiaan kamu. Ia menjaga kamu sejak kamu berupa segumpal daging yang berada di dinding rahim ibumu. Ia memberikan penghidupan dan kehidupan bagimu. Ini menjelaskan adalah kelayakan untuk di anut oleh diri kamu.”kami telah menciptakanmu, lalu kenapa kamu tidak mau membenarkan”.

Logos: pendekatan Rasional

Menjelaskan tentang komunikasi yang baik dalam dua hal yaitu ketika berbicara mampu menyentuh otak. Namun ketika di pikirkan apakah lebih baik menyentuh otak dari pada menyentuh hati.

Al-quran ternyata menyentuh otak sebanyak menyentuh hati, namun sekarang ini banyak mubaliq yang memanipulasi emosi jamaahnya, dan kurang melatih daya kritis mereka. Keberagaman yang emosional memang memberikan kehangatan dan tidak tahan banting. Dalam kompetisi yang rasional sayangnya banyak di antara di antara kita mencibirkan studi kritis dalam bidang keagamaan. Noleh jadi dalam bidang lain kita tidak mampu berfikir kritis.

Pethos: pendekatan emosional

Emosi didefinisikan sebagai setiap kegiatan atau pengolahan pikiran, perasaan, nafsu: setiap keadaan mental yang hebat atau meluap-meluap selanjutnya. Golleman menganggap bahwa emosi menuju pada suatu prasaan dan pikiran khasnya, suatu keadaan biologis dan psikologis serta serangkaian kecenderungan untuk bertindak. Para teoretikus mengelompokan emosi ke dalam beberapa kelompok, yaitu:

    1. amarah
    2. kesedihan
    3. rasa takut
    4. kenikmatan
    5. cinta
    6. terkejut
    7. jengkel
    8. malu

dari pengelompokan tersebut komunikator dapat memilih jenis emosi apa yang akan di sentuh oleh dia? Dalam kondisi apa? Situasi bagaimana? Dengan siapa kita berkomunikasi?

C. PRINSIP QAULAN MA’ARUFAN

Kata qaulan ma’aruf di sebut Allah dalam al-quran selam lima kali:

Pertama, berkenaan dengan pemeliharaan harta anak yatim.

Kedua, berkenaan dengan perkataan anak terhadap anak yatim dan orang miskin

Ketiga, berkenaan dengan harta yang di infakan atau di sedekahkan dengan orang lain

Keempat, berkenaan dengan ketentuan Allah terhadap istri Nabi.

Kelima, berkenaan dengan soal pinangan terhadap terhadap wanita

Kata ma’aruf dari kelima ayat tersebut berbentuk isim maful, dari kata ‘arafa, bersinonim dengan kata al-khair atau al-ihsan yang berarti baik. Akan tetapi kata ma’aruf yang di ingkapkan beberapa kata tersebut memiliki maksud yang berbeda. Tergantung pada kontek ayatnya.

Nabi Muhammad SAW menggucapkan kata-kata baik dengan menggunakan al0khair, sebagaimana sabdanya, “barang siapa yang beriman kepada Allah hendaklah berkata baik atau diam saja”. qaulan ma’rufan lebih banyak di tujukan pada wanita atau orang yang kurang beruntung kehidupannya, seperti anak yatim dan orang miskin.berdasarkan paparan tersebut menjelaskan betapa pentingnya berbicara baik terhadap semua orang.

Kriteria kebaikan

Aristoteles mengatakan bahwa kebaikan itu di bagi menjadi 4:

  1. kebaikan mulia adalah kebaikan yang berasal dari esensinya, dan membuat orang yang mendapatkannya menjadi mulia
  2. kebaikan terpuji adalah kebaikan dan tindakan sukarela yang positif
  3. kebaikan potensial adalah kesiapan memperoleh kebaikan mulia dan terpuji.
  4. kebaikan yang bermanfaat adalah segala hal yang di upayakan untuk memperoleh kebaikan-kebaikan lainya.

kebaikan atau baik dapat di pahami sebagai sesuatu yang bernilai positif, dan mendatangkan manfaat bagi semua orang. Oleh karena itu kita seharusnya saling berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan.

D. PRINSIP QAULAN KARIMAH

Kata qaulan karimah dalam al-quran di sebutkan hanya satu kali dalam al-quran:

dan tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain dia, dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang atau keduanya telah berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, sekali-kali jangan kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ah, dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka ucapan yang mulia”

Subtansi ayat tersebut, paling tidak mengandung 2 hal, yaitu:

  1. berkenaan dengan tuntunan berakhlak kepada Allah, dan
  2. berkenaan dengan tuntunan berakhlak dengan kedua orang tua.

Dalam bab ini menjelaskan tentang sikap-sikap anak yang di anggap telah naliq atau memang telah waktunya memiliki pandangan dewasa atau berfikir dewasa sesuai dengan umur yang telah di milikinya. Mampu mengondisikan umur dengan apa yang dilakukan entah di rumah atau di luar rumah.

Kriteria qaulan karimah

1. kata-kata bijtak sana

2. kata-kata berkualitas

3. kata-kata bermanfaat

ketiga nasehat orang yang mulia tersebut, apabila di renungkan secara mendalam, sangan bermanfaat bagi semua.

D, PRINSIP QAULAN LAYYINAN

Kata qaulan layyinan hanya sati kali di sebutkan di al-quran “maka berbicaralah kamu berdua kepadanya dengan kata-kata yang lemah lembut, mudah-mudahan ia ingat atau takut” ayat tersebut merupakan perintah Allah SWT terhadap Nabi Musa dan Nabi Harun untuk mendakwahkan ayat-ayat Allah kepada Firaun dan kaumnya.

Qaulan layyinan menurut Al-maragi pembicaraan yang lebih lemah lembut agar dapat mengenai hati dan menarik untuk menerima dakwah.

Dalam kontek komunikasi, model komunikasi yang efektif adalah komunikasi yang berhasil mencapai tujuan dengan feedback yang positif. Suksesnya sebuah proses komunikasi paling tidak harus memiliki dua persyaratan, yaitu:

1. di tinjau dari pesannya

2. di tinjau dari komunikator

E. PRINSIP QAULAN MAYSURAN

Kata qaulan maysuran hanya satu kali di ucapkan dalam al-quran “dan jika kamu berpaling dari mereka, untuk memperoleh rahmad dari Tuhannya yang kamu harapkan, maka katakanlah kepada mereka ucapan yang pantas”. Salah satu prinsip komunikasi dalam islam adalah mendekatkan manusia dengan tuhannya dan hamba-hamba yang lainnya. Islam mengharamkan ketika komunikasi menjadi salah satu alat untuk memisahkan hamba satu dengan hamba tang lainnya.

Seorang komunikator yang baik adalah jika dia mampu di sukai dan di senangi orang lain. Dan untuk bisa di senangi orang lain dia harus memiliki sifat simpati dan empati.

KOMUNIKASU SPIRITUAL

DALAM ISLAM

Soiritual merupakan rohani atau hal yang berpengaruh terhadap rohani. Rohani merupakan karunia tuhan yang di berikan kepada manusia yang berada di dalam hati. Hati selalu berkata jujur, tidak pernah bohong. Suara hati merupakan kunci spiritualitas karena ia merupakan pancaran sifat-sifat ilahi. Sifat-sifat ilahi di hembuskan pada jiwa manusia sehingga manusia memiliki keinginan-keinginan dalam hidupnya. Misalnya: kita ingin di perlakukan adil, ingin hidup sejahtera, dan lain-lain. Dalam kontek ini suara hati manusia bersifat universal, dengan catatan manusia tersebut telah mencapai titik zero mind. Dan bebas dari belenggu dan paradigma.

A. DEFINISI DAN MAKNA KOMUNIKASI SPIRITUAL

Menurut nina syam komunikasi spiritual adalah komunikasi yang terjadi antara manusia dan tuhan. Atau dapat pula dipahami sebagai komunikasi spiritual berkenaan dengan persoalan agama, artinya komunikasi yang di dasari nuansa-nuansa keagamaan kita, dan mau kemana arah hidup kita.

Dalam komunikasi spiritual, yang menjadi pertisipannya adalah manusia dengan Allah SWT, dalam pemahaman ini, seberapa jauhkah ketetapan persepsi kita terhadap lambang-lambang dan tanda-tanda yang telah Allah tebarkan di alam semesta. Ini merupakan komunikasi sesama manusia sejak manusia ada.

Kita manusia dapat berkomunikasi dengan tuhan melalui amalan-amalan, dan dzikir yang sering kita lakukan, ketika kita melakukan sholat merupakan salah satu komunikasi terhadap Tuhan.

B. TUJUAN KOMUNIKASI SPIRITUAL

Paling tidak terdapat lima tujuan utama berkomunikasi antara manusia dengan tuhan:

  1. peningkatan kualitas iman dan taqwa
  2. peningkatan kualitas ibadah
  3. peningkatan kualitas akhlak
  4. tercapainya kedamaian hakiki
  5. keselamatan dunia dan akhirat

dengan menyadari makna hidup, kita akan selalu berintropeksi diri. Maka dengan itu kita akan mengenal diri kita dan siapa sebenarnya diri kita.

C. PRINSIP-PRINSIP KOMUNIKASI SPIRITUAL

1. prinsip al-qudduus: Allah maha suci, Allah itu maha suci darti segala aib

dan hal-hal yang di anggap tidak baik

2. Prinsip Al-Latiif: Allah maha mengetahui dari segala sesuatu hingga hal-hal

yang terkecil.

3. Prinsip Al-Mu’min: Allah maha terpercaya

4. prinsip Al-asabuur: Allah maha penyabar

5. prinsip Al-fattaah: Allah maha pembuka hati

D. KOMUNIKASI SPIRITUAL MELALUI AMALAN-AMALAN BATIN

Komunikasi spiritual dapat di lakukan melalui amalan-amalan batin berikut ini:

  1. shalat
  2. zikir
  3. membaca Al-quran
  4. berdo’a
  5. tafakur

KOMUNIKASI TRANSENDENTAL

PERSPEKTIF FILSAFAT ISLAM

Komunikasi transendental merupakan komunikasi yang sukar di pahami karena bersifat abstrak, hal ini menjadi sebuah tujuan atau target para tokoh komunikasi dalam sebuah penelitian tentang pendalaman hal-hal yang belum di realisasikan. Hingga mereka menginginkan kritikan mahasiswa untuk mendapakan sebuah gesekan pengetahuan dalam pendalaman penelitian mereka.

A. HAKIKI FILSAFAT ISLAM

Dapat di lihat dalam pemaknaan hikmah dan hakim dalam bahasa arab yang sama dengan arti filsafat dan falsafah. Asal makna hikmah adalah tali kembali, disini di ambil kata hikmah yaitu pengetahuan atau kebijakan. Hikmah dapat di capai oleh manusia melalui nalar dan metode-metode berfikirnya. Filsafat islam adalah upaya melakukan interprestasi rasional terhadap alam semesta sebagai sebuah kesatuan sistematis. Yang bertujuan sebisa mungkin meniru Allah.

Jadi kebenaran filsafat adalah kebenaran relatif karena hanya berdasarkan ra’yumanusia, sedang manusia adalah institut atau institusi yang tidak sempurna.

a. filsafat tentang Tuhan

Allah dalam pandangan filsafat islam adalah dzat yang maha dari segala maha, karena di anggap bahwa yang mampu menciptakan alam jagat raya beserta isinya.

b. filsafat tentang manusia

hal ini terfokus pada jiwa bawasannya manusia tanpa jiwa akan mati, atau tak akan hidup. Karena manusia atau roh merupakan tempat atau alat untuk menjalankan roh atau jiwa tersebut.

c. filsafat tentang alam

secara umum alam terjadi dengan sendirinya, namun secara kaca mata islam alam ada yang melahirkannya, atau yang menciptakannya. Sebagai tempat kehidupan yang akan di jadikan wadah interaksi dan ujian.

B. MEMAHAMI KOMUNIKASI TRENSENDENTAL NINA SYAM

Memahaminya melalui diri manusia yaitu:

  1. ruh
  2. qalb
  3. ‘aql
  4. nafs

C. KONSTRIBUSI PEMIKIRAN

Berdasarkan pemikiran nina tersebut, ada 3 hal penting yang perlu di kritik yaitu:

  1. dimensi-dimensi transidental dalam filsafat islam
  2. belum jelasnya posisi wahyu dalam komunikasi transidental
  3. sasaran dalam komunikasi transidental

KOMUNIKASI ANTARPERADABAN

PRESPEKTIF AGAMA

Peradaban sama halnya dengan komunikasi transidental, sebagai terminologi kontemporer yang ada dalam ilmu komunikasi intilah ini jarang di kaji karena kesukarannya, kebanyakan para tokoh lebih cenderung pada hal-hal yang taktis, praktis. Yang di karenakannya perkembangan jaman yang semakin cepat. Ini menjelaskan bahwa perkembangan jaman mempengaruhi sikap dan prilaku setiap orang.

Ada 6 alasan mengapa terjadi perang antarperadaban di masa depan yakni:

  1. perbedaan antarperadaban tidak hanya ril, namun mendasar
  2. dunia sekarang semakin menyempit, sehingga interaksi antara orang yang berbeda semakin meningkat.
  3. proses modernisasi ekonomi dan perubahan dunia membuat orang atau masyarakat tercerabut dari identitas lokal.
  4. tumbuhnya kesadaran peradaban di mungkinkan adanya peran ganda barat.
  5. karakteristik dan peradaban budaya kurang bisa menyatu
  6. regionalisme ekonomi semakin meningkat

A. AGAMA DAN PERADABAN

1. pengertian dan tipologi agama

Berdasarkan dari sudut pandang bahasa indonesia, agama kata yang di ambil dari sangsakerta yang artimya tidak kacau. Dan agama di ambil dari suku kata: a yang artinya tidak, dan gama yang artinya kacau. Ketika di definisikan adalah agama adalah salah satu hal yang membiat tidak kacau.

Di lihat dari sudut kategori pemahaman manusia, agama memiliki dua segi yaitu:

  1. segi kewajiban psycological state
  2. segi kewajiban objektiv state

2. paradigma agama: peradaban manusia

Manusia dalam pandangan agama di posisikan sebagai mahlik yang istimewa karena di pandang dari kelebihan manusia ketika Allah SWT menciptakan dengan memberikan akal sebagai lambang kesempurnaan.akal yang di miliki manusia tidak di miliki mahluk apapun maka manusialah mahluk yang paling sempurna. Tugas-tugas keagamaan dapat di realisasikan dengan tugas-tugas seperti:

  1. tugas beribadah atau ritual
  2. tugas memimpin bumi
  3. tugas penyeru pada jalan kebenaran dan kebijakan

ketiga tugas tersebut di emban manusia agar hidup manusi bermakna dan beradab. Dengan demikian kemanfaatan bagi manusia yang lainnya, dengan demikian kemanfaatan bagi kehidupan umat manusia, baik yang bersifat moral, maupun material. Telah membawa manusia pada umat yang beradab dan maju.

3. konsep dasar peradaban

Selama petang dingin dunia di kelompokan menjadi tiga kelompok

  1. dunia pertama
  2. dunia kedua
  3. dunia ketiga

lalu apa yang di sebut dengan peradaban, hantington mengatakan bahwa peradaban adalah budaya .

4. garis-garis pemisah peradaban

Disini di jelaskan tentang pemisah garis peradaban politik, ekonomi dan sosial. Pada dasarnya menjadi hal pokok dalam sejarah peradaban dunia yang menjadi lahiran kekuasaan.

B. KOMUNIKASI ANTARPRADABAN PRESPEKTIF AGAMA

1. pengertian komunikasi pradaban

Secara etimologi,komunikasi pradaban dapat di artikan sebagai bentuk komunikasi antar sumber dan penerimaan pesan yang berhasil dari peradaban yang berbeda

2. proses komunikasi antarpradabaunggalan

Pradaban islam mempunyai karakterostik sebagai berikut:

  1. Pradaban islam berpijak pada asas ketunggalan
  2. Pradaban islam mempunyai kecenderungan dan tujuan kemanusiann yang universal, dan risalah kosmopolitas.
  3. Peradaban islam menjadikan tempat pertama bagi prinsip-prinsip moral dalam setiap sistem dan berbagai bidang kegiatan
  4. Pangkalan yang berpegang teguh pada ilmu
  5. Peradaban islam mempunai toleransi keagamaan yang mengagumkan.

3. model komunikasi pradaban

Karna di anggap pradaban islam di anggab baru, maka belum memiliki model.

4. Hambatan-hambatan komunikasi pradaban

· Stereotip

· presepsi tentang islam dan barat

· benturan pradaban

· ketidak adilan dan pelanggaran HAM

KOMUNIKASI ANTARPRADABAN DALAM PRESPEKTIF

TEORI INTERAKSI SIMBOLIK

Asumsi dasar munculnya dalam proses komunikasi yaitu berhubungan dengan sikap dan prilaku itu di orientasikan untuk memuaskan diri. Sebuah interaksi yang mampu mendapatkan umpat balik pesan yang menjadi kebutuhan manusia pada umumnya. Interaksi simbolik selalu di gunakan ketika kita berhadapan dengan fisik yang tidak memungkinkan kita untuk berinteraksi secara verbal.

A. KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA

Kajian ini merupakan salah satu kajian yang paling populer di kalangan insan komunikasi yang menganggap bahwa ini adalah kajian yang unik dan luas, maka pemahamannya akan mudah di dapat dengan berbataskan akan sebuah wilayah yang di pahami dalam sebuah negara.

B. KENDALA-KENDALA KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA

  • Suatu sistem yang terjadi pada dua aspek, verbal dan nonverbal
  • Kepercayaan dan prilaku yang berlainan di antara pihak-pihak yang berkomunikasi
  • Tidak mengetahui dan menerima kepercayaan sereta prilaku orang lain.

Dan kendala-kendala komunikasi antar budaya yaitu:

  • Verbal
  • Nonverbal
  • Norma
  • Peranan
  • Kepercayaan dan nilai
  • Etnosentrisme
  • Stereotip

C. PRESPEKTIF TEORI SIMBOLIK

Teori simbolik muncul ketika awal kegagalan kaum interaksionalis menerbitkan prespektif filsafat mereka. Yang membuat perkembangan pada massa itu.

D. KRITIK ATAS TEORI INTERAKSI SIMBOLIK

Disini di jelaskan tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan perkembangan masyarakat yang mampu membawa masyarakat pada sebuah kemajuan dalam tingkatan sesama manusia. Namun terdapat kelemahan pada simbol-simboll tersebut hanya berbentuk kata bukan sebuah kalimat yang mudah di pahami.

Tidak ada komentar: